:::: MENU ::::
  • What is Divergence ? (Technical Analysis)

  • IHSG VS Kurs Rupiah. Siapa pemenangnya ?

  • Institutional Brokerage Service

  • IMN Investa Investor Education

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Welcome to IMN investa by PT Indo Mitra Niaga


Tuesday, October 1, 2013

  • 12:20 AM

Sebenarnya kondisi di Amerika tidak beda jauh dengan yang terjadi di Indonesia dimana para eksekutif dan legisatif saling bersilang pendapat mengenai budget tahunan, hanya saja kalau di Amerika hanya terdiri dari partai demokrat dan partai republik sebagai oposisi sedangakan di Indonesia multipartai. 
Presiden Obama mempunyai paket kesehatan dimana setiap warga bisa memilki asuransi kesehatan yang tentunya memakan banyak anggaran dan tentu saja secara pencitraan bagus untuk partai demokrat, celakanya, dalam rapat budget hari ini, partai republik sebagai senat di Amerika tidak menyetujui anggaran untuk paket kesehatan ini dan ingin anggran ini dipotong atau setidaknya ditunda satu tahun dengan alasan agar beban anggaran US jadi lebih ringan, ditambah lagi tanggal 17 oktober nanti akan ada negosiasi lagi mengenai kenaikan plafon utang US, jika plafon utang US tidak dinaikkan akan ada ancaman kalau US akan mengalami gagal bayar Utang untuk pertama kalinya. Jadi kita lihat saja, akankah Presiden Obama dan demokrat melunak untuk menunda paket kesehatan obamacare, atau partai republik yang melunak, tentunya prinsip setiap partai politik adalah sama yakni, memenangkan hati rakyat, entah dengan kerja nyata atau pencitraan. 
Jika masih Deadlock maka pada senin malam waktu setempat atau selasa waktu Indonesia akan terjadi Shutdown. Sisi negatifnya adalah ketika shutdown terjadi, kemungkinan ekonomi US akan pincang ditambah lagi ancaman dari plafon hutang US yang tidak naik yang menyebabkan gagal bayar akan membawa dampak negatif bagi perekonomian dunia, sisi positifny adalah berarti keadaan ekonomi Amerika masi belum baik secara makro sehingga FED akan berpikir ulang untuk mengurangi QE3 atau taperingnya paling tidak sampai desember 2013.

Secara Sederhana Kondisi diatas adalah jika Obamacare ditunda, alias partai demokrat mengalah, maka negosiasi debt ceiling akan berjalan lebih mudah dan Amerika akan akan terhindar dari ancaman default surat hutang.


written by : Kurniawan I
Semoga bermanfaat, Thanks & GBU

Need More Information ? Contact us