:::: MENU ::::
  • What is Divergence ? (Technical Analysis)

  • IHSG VS Kurs Rupiah. Siapa pemenangnya ?

  • Institutional Brokerage Service

  • IMN Investa Investor Education

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Welcome to IMN investa by PT Indo Mitra Niaga


Friday, January 29, 2010

Saham adalah surat berharga yang merupakan tanda kepemilikan seseorang atau badan terhadap suatu perusahaan.

Perusahaan dapat menerbitkan 2 jenis saham, antara lain :

1. Saham biasa merupakan jenis saham yang ditawarkan dan bisa dimiliki oleh publik dan merupakan pemilik sebenarnya dari perusahaan karena mempunyai hak suara.

Hak Pemegang saham Biasa:

  1. Hak kontrol: hak untuk memilih dewan direksi, sehingga dapat mengontrol kebijakan direksi.

  2. Hak penerima pembagian keuntungan: karena sebagai pemilik perusahaan, pemegang saham biasa berhak mendapatakan bagian keuntungan perusahaan.

  3. Hak preemtive: hak untuk mendapatkan prosentase kepemilikan yang sama, jika perusahaan mengeluarkan tambahan saham baru. Hak ini bertujuan : 1) melindungi hak kontrol dari pemegang saham lama, 2) melindungi pemegang saham lama dari nilai yang merosot.

2. Saham preferen merupakan jenis saham khusus yang diterbitkan seccara terbatas untuk pemilik atau pendiri perusahaan. Saham ini mendapatkan hak istimewa didalam pembayaran deviden dibandingkan saham biasa. Pemegang saham ini juga mendapat prioritas utama dalam pembagian aset bila perusahaan dilikuidasi.
Karakteristik Saham Preferen:
  1. Hak preferen terhadap deviden: hak menerima deviden terlebih dahulu dibanding pemegang saham biasa. Saham preferen kadangkala memberikan hak kumulatif, yaitu memberikan hak pada pemegangnya untuk menerima deviden tahun sebelumnya yang belum dibayarkan sebelum pemegang saham biasa menerima devidennya.

  2. Hak preferen pada waktu likuidasi: hak terlebih dahulu atas aktiva perusahaan dibandingkan dengan hak yang dimiliki oleh pemegang saham biasa pada saat terjadi likuidasi.

0 komentar:

Post a Comment

Need More Information ? Contact us